Bagaimana Teladan Rasulullah Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan?

0
28
Bagaimana Teladan Rasulullah Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan?

Sandalsantri.com – Bagaimana Teladan Rasulullah Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan?. Kalau ramadhan adalah tamu, maka ramadhan itu adalah tamu agung. selain Agung, ia adalah seorang tamu yang membawa kemewahan hadiah kepada siapa saja yang menyambutnya. Hadiah yang tak ternilai, karena hadiah yang dibawanya bersifat limited edition, khusus untuk ummat Nabi Muhammad, belum pernah ada dalam sejarah manusia hadiah semewah ini. Hadiah yang dibawa adalah berupa musim ketaatan, musim karunia berlimpah, dan fasilitas untuk dapat lebih dekat dengan pencipta alam semesta ini. Ketika seorang manusia dapat berdekatan dengan penciptanya, rasanya tidak ada kenikmatan apapun yang mengalahkannya. Hal itu karena Allah adalah tuhan yang dalam genggamannya semua harapan yang diimpikan dan diinginkan oleh manusia. dalam genggamanNya pula semua marabahaya kehidupan yang ditakutkan oleh manusia.

Makhluk Allah yang termulia Nabi Muhammad saw pun ikut bersuka ria menyambut hilal Ramadhan. Apabila Rasulullah saw melihat hilal (bulan) Ramadhan, beliau berdoa

اَللهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالإِيمَانِ والسَّلَامَةِ وَالإِسْلَام رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Ya Allah jadikanlah bulan ini bulan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, Tuhanku dan Tuhanmu (wahai Ramadhan) adalah Allah, duhai bulan petunjuk dan kebaikan (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)

Ramadhan adalah kesempatan sangat berharga yang tidak bisa diganti. Ia adalah peluang emas dalam kehidupan umat Islam. Karena setiap malamnya Allah swt membebaskan 100.000 orang dari mereka yang sudah tercatat masuk neraka, dan pada malam terakhirnya Allah membebaskan mereka tanpa batas seperti malam-malam sebelumnya. Adakah rahmat yang lebih besar dari ini semua?

Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah adalah orang yang paling lembut hatinya, tapi beliau lebih lembut lagi pada bulan Ramadhan bahkan lebih lembut dari angin yang bertiup”. Masuk bulan Ramadhan Rasulullah lebih giat lagi berbuat kebaikan, bersedekah, tersenyum, bersilaturahmi, membebaskan hamba sahaya, memberi dan berkorban.semoga kita semakin giat beribadah seperti teladan Rasulullah !!!

mari bersucilah karena Allah, shalatlah KarenaNya, puasalah karenaNya dan berjuanglah melawan Nafsu dirimu sendiri karenaNya. ya…hanya kerena Allah…

inilah saatnya kita raih kemulian dariNya atau akan kita lewatkan lagi kesempatan ini, seperti Ramadhan Ramadhan yang telah lalu?

Astaghfirullah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here